Senin, 10 Agustus 2015

Bolen Pisang (Tanpa Korsvet)


Duluuu...banget pas Bapak pulang rekreasi kantor dari Malang, dibawain oleh-oleh bolen Kartikasari isi pisang coklat dan pisang keju. Enaak banget. Trus mulai deh insting niat pengen bikin bolen pisang sendiri. Googling di internet nyari resep bolen pisang yang sekiranya simple buat pemula dan terdamparlah di blognya mbak Vivi. Resep bolen pisangnya simple, ga pake korsvet pula. Ok, langsung bookmark dan masuk dalam waiting list buat dicoba.

Nah, pas one day ngeliat pisang raja yang dibeli ibu buat dibikin pisang goreng, keinget deh sama resep ini. Minta ke ibu beberapa buah pisang buat ekskusi resep bolen pisang ini. Pertama kali berurusan dengan melipat dan menggiling adonan, fiuuhh...lumayan pegel juga. pas motong dan ngebentuk lipat kayak amplop juga masih belum seragam. Alhasil bolennya ada yang kecil ada yang gede,hahaha...gpp lah. Wong buat dimakan sendiri. Isinya q pke pisang raja (gak aku kukus atau tumis dulu pake margarin) sama keju dipotong seperti korek api. Soal rasa, enaaakk...thanks to mbak Vivi buat resepnya yg enak ini.

Untuk bahan-bahannya sama persis seperti resep mbak Vivi, cuma untuk cara bikinnya agak beda dikit.Kalo mbak Vivi kan adonan A dan B dibagi 15 bagian baru digilas satu per satu. Karna aku ga telaten bagi segitu banyaknya, jadi adonan A aku bentuk kotak trus aku taruh diatas adonan B, lalu adonan B dilipat seperti amplop sampai menutupi adonan A, balik sehingga posisi lipatan berada di bawah,lalu digilas sampai berbentuk persegi panjang. Setelah itu lipat ujung adonan ke tengah dan tarik ujung adonan di ujung yang lain sampai menutupi lipatan tadi (disebut juga lipatan single).cara ini q nyontek dari blognya mbak Hesti. Bisa diklik disini untuk lebih jelasnya. lakukan lipat dan gilas seperti itu 2x.baru istirahatkan adonan sebentar dan dipotong2 sesuai selera. untuk langkah selanjutnya aku ikutin lagi sesuai resep mbak Vivi.

Ini tekstur dalamnya pas dibelah,ada lipatan tipis mirip puff pastry gitu.Fotonya burem banget,ngambilnya malam2 pake hp pula.Maaf...seadanya deh jadinya. Silahkan kalau mau dicoba.Recommended banget resepnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar